Translate

Rabu, 16 Januari 2013

PEMBANGKITAN KUNDALINI (KUNDALINI SHAKTI )


PEMBANGKITAN KUNDALINI (KUNDALINI SHAKTI )
Quantcast
quicaq Al ghoibi Malenggank di langit
Assalamu alaikum wr.wb
Salam hormat dan takzim saya sampaikan kepada para pinisepuh dan salam karahayon untuk saudaraku semua di KampusWongalus. Bagi saudara yg mengirim mail, maaf saya gak bisa membalasnya. Dan saya berharap dengan artikel ini bisa membantu saudara.
Terima kasih saya ucapkan kepada saudaraku : D-devil, wong abangan, tiang bungkuk, star night yang telah ikut serta dalam memberikan penjelasan-penjelasan mengenai kundalini kepada teman yang lain di tread KUNDALINI SHAKTI. Dan terima kasih saya ucapkan kepada saudaraku yoyok supriadi yang telah memberi masukan, memperingatkan, dan mengawatirkan kalau kundalini sebagai ulah Setan/Iblis. Serta kepada cungkringcirebon yang secara tidak langsung telah menanyakan tentang MANFAAT DAN KERUGIAN SUATU PERDEBATAN.
Sedikit mengutip qur’an yang artinya “Aku (Allah) tidak akan mengubah nasib suatu kaum, kecuali orang itu mau berusaha” . Tolong dibetulkan jika salah sekaligus kasih arabnya. Ayat ini membahas NASIB seseorang. Hal-hal yg mempengaruhi nasib antara lain:
*. Cara berpikir
*. Cara sudut pandang thd suatu informasi maupun masalah yg dihadapi
*. Cara mengambil keputusan
*. Cara berperilaku dan bersikap thd suatu keadaan
*. Cara mendapatkan uang dll
Dengan melihat ayat tsb, kayaknya sudah jelas dan tidak layak bagi kita untuk memaksakan kehendak, cara berpikir kita pada orang lain….
GROUNDING
Bagaimana untuk menghindari kundalini syndrome….?saya selalu menjawab Grounding dan Grounding. Dengan grounding energi YIN dan YANG dalam tubuh akan selaras/seimbang. Saya sarankan selain menggunakan sholawat syifa/thibbil qulub juga melatih sistem meditasi grounding karena dengan sistem ini, kita membuka cakra telapak kaki dan tangan. Dan dalam meditasi juga bisa digabung dg membaca sholawat tsb.
Bagi saya meditasi grounding merupakan prosesi diri untuk lebih membuka diri dalam menerima dan menyadari berkah Allah yang berupa energi bumi yang selama ini tidak pernah kita sadari dan tidak pernah kita syukuri. Sejak lahir kita selalu makan, minum, berpijak pada bumi. Dan tidak pernah satu kalipun kita terpelanting lepas dari bumi.
JALUR SUSHUMNA
Sebagai bahan pemikiran dan renungan bersama, mari kita pelajari bersama mengenai fungsi tulang punggung/sushumna. Tulang punggung menyimpan banyak syaraf-syaraf yang berhubungan dengan organ-organ dalam pada tubuh. Seperti mata, jantung, paru-paru, ginjal dsb. Para penganut Tao khususnya penyembuhan akupuntur menganggap tulang belakang khususnya tulang ekor terhubung dengan 12 cabang rumah syaraf sakrum terhubung dengan 365 titik akupuntur.
MEKANISME BANGKITNYA KUNDALINI
1.Ketika kundalini mulai aktif tetapi belum bangkit, gulungan energi kundalini yang terletak di perinium mulai memanas dan tampak berwarna merah keemasan dan berbentuk bulat. Dengan latihan yang rutin, energi berwarna merah keemasan tersebut akan semakin membara sehingga tampak warnanya bertambah merah dan di inti gulungan tersebut mulai terdapat energi berwarna biru yang disebut sebagai inti kundalini. Semakin lama inti kundalini yang berwarna biru akan semakin membesar sampai hampir seluruh gulungan energi kundalini pada chakra dasar menjadi berwarna biru dan energinya bertambah kuat. Pada saat ini kundalini mulai bangkit dan bergerak naik dari chakra dasar naik menuju tubuh bagia n atas melalui nadi sushumna. Uap panas yang dihasilkan oleh panas energi kundalini akan mulai naik mencari jalan keluar melalui nadi Sushumna . Dengan latihan yang benar intensitas energi kundalini akan mulai meningkat, energi kundalini berwarna merah keemasan mulai naik keatas pada nadi sushumna. Energi kundalini yang berwarna merah keemasan yang disebut sebagai api kundalini mulai naik keatas bersamaan dengan uap panas yang dihasilkan oleh energi kundalini yang disebut sebagai uap kundalini. Uap kundalini dan api kundalini akan berusaha naik keatas dengan membuat saluran pada nadi sushumna (terletak berbarengan di tulang punggung, vertikal dari ujung tulang ekor ke chakra mahkota). Perlahan-lahan energi berwarna biru naik mengikuti energi merah keemasan. Energi yang berwarna biru ini dinamakan inti kundalini. Inti kundalini berada di bawah api kundalini dan naik secara berbarengan.
2.Membuka gulungan pada ketujuh chakra utama secara berurutan mulai dari bawah sesuai dengan perkembangan energi kundalini yang naik keatas pada nadi sushumna. Dengan terbukanya gulungan pada chakra-chakra tersebut secara bertahap chakra-chakra utama satu persatu mulai hidup dan aktif.
3.Inti kundalini akan terus naik menuju ke chakra mahkota dan sesampainya disana ia akan membuka gulungan yang terdapat pada chakra mahkota. Pada saat ini pancaran energi inti kundalini mulai kelihatan melebar ke arah kiri dan kanan nadi sushumna. Inti kundalini tetap dalam ukuran yang semula yaitu didalam nadi sushumna tetapi pancaran energinya sudah menjadi semakin kuat sehingga tampak energi ber warna biru memancar melebar ke arah kiri dan kanan nadi sushumna. Pada saat ini biasanya nadi Ida dan nadi Pingala belum benar-b enar aktif sehingga pelebaran energi berwarna biru akan tertahan di daerah belakang kepala diatas leher sehingga tampak hanya me lebar dari chakra Dasar sampai daerah ini. Nadi Ida dan nadi Pingala pada daerah ini biasanya masih mengalami penyumbatan.
4.Setelah nadi Ida dan nadi Pingala telah terbuka dan aktif, energi inti kundalini akan menyembur keluar chakra Mahkota dan membuka gulungan yang terdapat diatas chakra mahkota dan dapat mencapai ketinggian sampai beberapa meter diatas chakra mahkota tergantung kepada kekuatan pancaran energi inti kundalini dan tingkat spiritual seseorang. Gulungan ini jika dilihat tampak s eperti piringan energi berwarna biru di atas chakra mahkota. Pada saat ini chakra atau chakra-chakra diatas chakra mahkota tumbuh dengan sendirinya
CAKRA
Kata œ”Cakra” berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti œRoda atau œLingkaran (juga kata-kata yang terkait dengan kedua kata tersebut), dan kadang-kadang juga merujuk kepada œRoda Kehidupan. Menurut Kitab Tantra dan Kundalini Yoga di dalam lapisan tubuh terdapat 365 Cakra di dalam tubuh termaksud tujuh buah Cakra Utama dan tujuh Cakra diluar tubuh
Tujuh cakra utama tersebut adalah;
*. Cakra Sahasrara (Cakra Mahkota)
*. Cakra Ajna (Cakra Mata Ketiga)
*. Cakra Wisudha (Cakra Tenggorokan),
*. Cakra Anahata (Cakra Jantung),
*. Cakra Manipura (Cakra Pusar),
*. Cakra Svadhistana (Cakra sex)
*. Cakra Mulandhara (Cakra Dasar)
Cakra juga berarti perputaran energi atau pusat a bentuk Roda atau Cakram. Berputarnya roda energi menimbulkan pusaran energi, pusaran energi yang terbentuk akan dialirkan ke alat-alat organ dalam pada tubuh fisik kita melalui melalui nadi yang sangat halus. Selain itu tiap-tiap cakra berhubungan dengan kelenjar-kelenjar pada tubuh.
MEMBUKA JANTUNG
Sebagai suatu prosesi yang berfungsi untuk membersihkan trauma-trauma masa lalu. Sebagai akibat penanganan emosi-emosi yang kurang tepat di masa lalu. Walaupun sudah tidak dirasakan, namun emosi tersebut telah mengendap menjadi trauma yang tersimpan di alam bawah sadar manusia. Dan siap kapan saja untuk meledak bagai bom waktu. Adapun emosi tersebut diantaranya rasa takut, marah, jengkel, dendam, malu, kecewa, khawatir, kesedihan dll. Jika emosi-emosi ini tidak segera ditangani dengan tepat, maka akan siap kapan saja untuk meledak bagai bom waktu. Walaupun tanpa pembangkitan kundalini hal ini juga sering terjadi, karena akibat keinginan manusia dalam meraih suatu hal yang tidak kesampaian. seperti, kekayaan, tender, cinta dan harapan-harapan yang lain tanpa dilandasi dengan do’a kepada Allah sebagai pengharapan dan pernyataan diri sebagai makhluk yg terbatas dan banyak kesalahan melakukan perhitungan dalam perencanaan terhadap pencapaian keinginan-keinginannya. Sehingga jika terjadi kegagalan bisa menyebabkan mental seseorang jatuh ke dalam kesedihan, kemarahan, kejengkelan, ketakutan dll, yang mana bisa memicu seseorang dalam keadaan depresi, kekerasan, kegilaan dan bunuh diri.
MEDITASI MEMBANGKITKAN KUNDALINI
1. Lakukan sholat hajat 2 rokaat
2. Dzikir
- istigfar 33x
- sholawat syifa 11x
- al fatihah 1x
- al ikhlas 3x
- al falaq 3x
- an naas 3x
- ayat kursi 7x
3. Baca do’a
“ya allah dengan ridho dan kekuatan-Mu, saya mohon dibangkitkan kundalini saya dengan sempurna.
Mulai saat ini jalur nadi sushumna, ida serta pinggalaku terbuka dan menjadi bersih. Mulai saat ini 7 cakra utamaku terbuka dan menjadi bersih.”
4. Tarik napas dalam….tahan sebentar….keluarkan 3x
5. Rasakan ke-7 cakra dan nadi sushumna yang aktif beberapa saat
6. Bentuk bola energi dengan mendekatkan kedua telapak tangan baca “ya allah” sampai terasa bola energi (BE) padat.
- baca doa
“ya allah dg ridho dan kekuatan-Mu terbukalah dan menjadi bersih……(isi apa yang akan dibersihkan mis cakra mahkota dan nadi sushumnaku)”
- pegang BE dg tangan kanan dan masukan pada target yg akan dibersihkan.
- tunggu beberapa saat dan rasakan BE bekerja melakuan pembersihan.
- setelah dirasa cukup tarik BE dg niat, kemudian buang dan dorong masuk ke bumi.
7. Setelah nadi sushusumna dan ke-7 cakra utama di bersihkan dg BE. Sapulah energi kundalini dg tangan anda dari bawah ke atas beberapa kali. Sebelum memasuki meditasi kundalini
8. Meditasi kundalini
-telapak tangan menghadap keatas dan letakkan di lutut, lidah digulung ke atas menempel langit-langit atas mulut,
-Rasakan ke-7 cakra dan nadi sushumna yg aktif kemudian baca ya allah seikhlasnya.
9. Setelah merasa cukup….. lanjutkan dg teknik membuka jantung
10. Membuka jantung
- Tempelkan kedua telapak tangan (posisi sembah) dan tempatkan di dada
- hirup napas perlahan dan dalam 3x
- tersenyumlah untuk merasakan energi cinta yg memancar dari jantung beberapa saat, sambil membaca ya rohman ya rokhim seikhlasnya.
- setelah itu, sadari dan rasakan kenangan masa lalu, hal-hal yang telah membuat anda sedih, benci, cemas, malu, takut
marah dan dendam…. kemudian gantilah dengan energi senyuman, keramah-tamahan, kejujuran, keterbukaan keberanian, keceriaan,kesenangan, rasa hormat, cinta-kasih, saling pengertian dan memaafkan.
- kirimlah energi senyuman dan memaafkan ini kepada orang-orang yg pernah menyakiti anda atau kepada semua orang yang anda kenal dan orang-orang disekitar anda. Maafkan dia yang telah menyakiti anda, karena kelalaian, ketidaktahuan, ketidakmampuan mereka dalam memberi kebahagiaan, kesenangan dan cinta kasih dalam berhubungan antar sesama manusia.
11. Setelah dirasa cukup meditasi bisa diakhiri dengan mengibaskan tangan beberapa kali. Untuk membuang energi yang berlebih.
Sholawat thibbil qulub/sholawat syifa
“Allohumma sholli ‘alaa sayyidina Muhammadin thibbil qulubi wa dhawaa ihaa wa ‘aafiyatil abdhaani wa syifa ihaa wa nuuril abshoori wa dhliyaa ihaa wa ‘alaa aa-lihi wa shokhbihii wa shalim”
Catatan :
*.Selain melakukan meditasi pembangkitan kundalini, pelaku juga harus melakukan meditasi GROUNDING.
*. Teknik ini saya buat senyaman mungkin, insyallah masalah syndrome kundalini tidak akan terjadi, namun demikian saya berharap kepada saudara untuk konsultasi kepada saya maupun kepada sesepuh yang lainnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar